SISTEM
PENGISIAN
Gejala
|
Kemungkinan
penyebab
|
Tindakan
|
Indikator charge (gambar aki pada
dashboard) berwarna merah (menyala)
|
- Alternator mengalami
kerusakaan
|
- Segera matikan peralatan
dalam mobil yang mengurangi pasokan listrik dalam aki seperti radio dan AC
Ganti fusible link
- Periksa socket pada
terminal alternator, kemungkinan terjadinya kerusakan karena socket
lepas. Pasang kembali socket maka alternator pun kembali bekerja dengan
baikPeriksa kunci kontak, ganti jika diperlukan
- Jika socket tidak mengalami
masalah, maka kemungkinan kerusakan alternator disebabkan oleh carbon
brush (kul) sudah terlalu pendek atau bahkan habis. Ganti carbon brush
yang sudah pendek, pakailah jasa tukang dinamo untuk mengganti carbon
brush.Periksa mesin
|
Mesin berputar lambat
|
- Baterai lemah
- Sambungan kendor atau
berkarat
- Kerusakan pada motor
starter
- Ada masalah mekanis pada
mesin atau motor starter
|
- Periksa baterai, ganti jika
diperlukan
- Bersihkan dan kencangkan
sambungan
- Periksa dan lakukan pengujian
motor starter
- Cek mesin dan starter, ganti
komponen yang rusak
|
Starter berputar terus
|
- Kerusakan gigi pinion atau
ring gear
- Kerusakan plunyer pada
solenoid
- Kerusakan kunci kontak atau
rangkaian kontrolnya
- Kunci kontak macet
|
- Periksa gigi pinion dan ring
gear dari keausan atau kerusakan
- Periksa dan Tes pull-in dan
hold-in coil
- Periksa kunci kontak dan
rangkaiannya
- Cek kunci kontak
|
Starter berputar tetapi mesin
tidak berputar
|
- Kerusakan pada kopling
starter
- Kerusakan atau keausan gigi
pinion dan ring gear
|
- Periksa kopling
starter,periksa kerjanya
- Cek roda gigi dari keausan
dan kerusakan
|
Starter tidak dapat berkaitan atau
lepas dengan lembut
|
- Kerusakan pada solenoid
- Pinion gear atau ring gear
aus
|
- Periksa dan ganti jika
perlu
- Cek roda gigi dari kerusakan
dan keausan, ganti jika perlu
|
SISTEM STARTER
Gejala
|
Kemungkinan
penyebab
|
Tindakan
|
Mesin tidak berputar
|
- Baterai sudah mati
- Fusible link sudah
rusak
- Ada sambungan yang lepas atau
kendur
- Kerusakan pada kunci kontak
- Kerusakan pada solenoid,
relay, saklar netral atau saklar kopling
- Kerusakan mekanis pada mesin
|
- Periksa keadaan baterai
- Ganti fusible link
- Bersihkan dan kencangkan
sambungannya
- Periksa kunci kontak, ganti
jika diperlukan
- Periksa bagian-bagiannya,
ganti bila perlu
- Periksa mesin
|
Mesin berputar lambat
|
- Baterai lemah
- Sambungan kendor atau
berkarat
- Kerusakan pada motor
starter
- Ada masalah mekanis pada
mesin atau motor starter
|
- Periksa baterai, ganti jika
diperlukan
- Bersihkan dan kencangkan
sambungan
- Periksa dan lakukan pengujian
motor starter
- Cek mesin dan starter, ganti
komponen yang rusak
|
Starter berputar terus
|
- Kerusakan gigi pinion atau
ring gear
- Kerusakan plunyer pada
solenoid
- Kerusakan kunci kontak atau
rangkaian kontrolnya
- Kunci kontak macet
|
- Periksa gigi pinion dan ring
gear dari keausan atau kerusakan
- Periksa dan Tes pull-in dan
hold-in coil
- Periksa kunci kontak dan
rangkaiannya
- Cek kunci kontak
|
Starter berputar tetapi mesin
tidak berputar
|
- Kerusakan pada kopling
starter
- Kerusakan atau keausan gigi
pinion dan ring gear
|
- Periksa kopling
starter,periksa kerjanya
- Cek roda gigi dari keausan
dan kerusakan
|
Starter tidak dapat berkaitan atau
lepas dengan lembut
|
- Kerusakan pada solenoid
- Pinion gear atau ring gear
aus
|
- Periksa dan ganti jika
perlu
- Cek roda gigi dari kerusakan dan
keausan, ganti jika perlu
|
SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK
Gejala
|
Kemungkinan
penyebab
|
Tindakan
|
Mesin tidak dapat hidup
(tidak ada percikan api di busi)
|
- Busi mati atau deposit
berlebihan
- Kabel tegangan tinggi bocor
berlebihan
- Rotor tidak terpasang
- Urutan pengapian tidak benar
- Koil mati
- Konektor kabel lepas
- Kabel putus
- Kontak rusak
|
1. Ganti busi atau bersihkan
2.
Ganti
kabel tegangan tinggi
3.
Pasang
rotor
4.
Perbaiki
urutan pengapian
5.
Ganti koil
6.
Pasang
konektor kabel yang lepas
7.
Ganti
/ perbaiki kabel yang putus
8. Ganti kontak
|
Elektrode busi meleleh
|
1. Pemakaian tingkat busi yang
terlalu panas
|
1. Ganti busi dengan tingkat panas
busi yang lebih dingin
|
Starter berputar terus
|
- Kerusakan gigi pinion atau
ring gear
- Kerusakan plunyer pada
solenoid
- Kerusakan kunci kontak atau rangkaian
kontrolnya
- Kunci kontak macet
|
- Periksa gigi pinion dan ring
gear dari keausan atau kerusakan
- Periksa dan Tes pull-in dan
hold-in coil
- Periksa kunci kontak dan
rangkaiannya
- Cek kunci kontak
|
Starter berputar tetapi mesin
tidak berputar
|
- Kerusakan pada kopling
starter
- Kerusakan atau keausan gigi
pinion dan ring gear
|
- Periksa kopling
starter,periksa kerjanya
- Cek roda gigi dari keausan
dan kerusakan
|
Starter tidak dapat berkaitan atau
lepas dengan lembut
|
- Kerusakan pada solenoid
- Pinion gear atau ring gear
aus
|
- Periksa dan ganti jika
perlu
- Cek roda gigi dari kerusakan
dan keausan, ganti jika perlu
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar