Selasa, 30 April 2013

Fungsi Jenis dan Komponen Sistem Rem


FUNGSI JENIS DAN KOMPONEN SISTEM REM

ABSTRAK:Dalam sebuah kendaraan tidak mungkin  tidak adanya rem maka dari itu rem merupakan salah satu komponen paling penting dalam rangkaian komponen mesin mekanik karena satu-satunya komponen yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan atau menghentikan kendaraan. Sistem rem dalam penggunaannya dibagi menjadi 3 jenis yaitu rem kaki, rem parker dan rem pembantu.
Dengan berkembangnya teknologi banyak sekali jenis jenis model system pengereman yang di pakai dalam kendaraan. Semakin maju suatu kendaraan maka semakin maju pula system rem yang terdapat pada kendaraan tersebut. Di dalam sebuah sitem rem terdapat komponen yang menyusun mekanisme pengeremanyang antara lain backing plat, silinder penyetel, sepatu rem, pegas pembalik, kanvas rem, dan  silinder roda.

PENDAHULUAN
Hampir seluruh penduduk di bumi menggunakan kendaraan untuk sarana transportasi dan semua kendaraan pasti dipasang sebuah alat yang disebut dengan rem, karena rem merupakan komponen mesin mekanik yang sangat penting. Dengan mengetahui fungsi dan komponen sistem rem maka kita akan dapat mengerti dan menggunakan rem secara maksimal.

PEMBAHASAN
Bahasan berikut ini akan berfokus pada tiga hal yaitu fungsi sistem rem, jenis-jenis sistem rem dan komponen sistem rem. Tiap fokus bahasan tersebut dijabarkan berikut ini:

Fungsi sistem rem
Chan (2010) menyatakan rem merupakan salah satu komponen mesin mekanik yang memberikan gaya gesek pada suatu massa yang bergerak sehingga berkurang kecepatannya atau berhenti.
Ridwan (2008) menyatakan bahwasistem rem berfungsi untuk mengurangi kecepatan … dan menghentikan kendaraan serta memberikan kemungkinan dapat memparkir kendaraan di tempat yang menurun”.
Liecklongley (2008) menerangkan bahwa “prinsip kerja sistem rem adalah mengubah tenaga kinetic menjadi panas dengan cara menggesekan dua buah logam pada benda yang berputar sehingga putarannya akan melambat”.

Jenis-jenis sistem rem
Ridwan (2008) menjelsakan bahwa menurut penggunaannya rem mobil dapat dikelompokkan sebagai berikut :
1.    Rem kaki, digunakan untuk mengontrol kecepatan dan menghentikan kendaraan. Menurut mekanismenya rem kaki dibedakan lagimenjadi rem hidrolikdan rem pneumatic
2.    Rem parker digunakan terutama untuk memarkir kendaraan.
3.    Rem pembantu, digunakan pada kombinasi rem biasa (kaki) yang digunakan pada truk dan kendaraan berat.





Komponen-komponen sistem rem
Chan (2010) menyimpulkan bahwa sebuah rem mempunyai komponen – komponen sebagai berikut :
1.    Backing plate Terbuat dari plat baja yang dipress. Backing plate bagian belakang diikat dengan baut pada  real axle housing dan  backing plate bagian depan diikat dengan baut pada steering knuckle. Sepatu rem dipasangkan pada backing plate yang mana bila terjadi pengereman akan bekerja pada  backing plate. Selain sepatu rem juga silinder roda, anchorpin, mekanisme rem tangan dipasangkan pada backing plate.
2.    Silinder penyetel sepatu rem berfungsi menjamin ujung sepatu rem dan untuk penyetelan renggang antara sepatu dengan drum. Pada beberapa macam rem, sebagai pengganti silinder penyetel sepatu,  anchor pin dan kam penyetel sepatu digunakan secara terpisah.
3.    Sepatu rem berbentuk busur yang disesuaikan dengan lingkaran drum dan dilengkapi dengan kanvas  yang dikeling atau pundi rekatkan pada bagian permukaan dalam sepatu rem. Salah satu ujung sepatu rem dihubungkan pada anchor pin atau pada baut silinder penyetelse patu rem. Ujung lainnya dipasangkan pada roda silinder yang berfungsi untuk mendorong sepatu ke drum dan juga sepatu rem ini berhubungan dengan mekanisme rem tangan.
4.    Pegas pembalik berfungsi untuk menarik kembali sepatu rem pada drum ketika pijakan rem dibebaskan. Satu atau dua buah pegas pembalik biasanya dipasang dibagian sisi silinder roda.
5.    Kanvas rem dipasangkan pada sepatu rem untuk menambah tenaga gesek pada drum. Bahan yang digunakan adalah asbes dengan tembaga atau campuran plastic untuk memperoleh tahan panas  yang tinggi dan tahan aus. Pada beberapa macam rem,terdapat perbedaan bahan kanvas rem yang dipasangkan pada sepatu pertama dan sepatu kedua. Kanvas ini dapat diganti jika sudah mengalami aus.
6.    Silinder roda yang terdiri dari body dan torak, berfungsi untuk mendorong sepatu rem ke drum dengan adanya tekanan hidrolik yang dipindahkan dari master silinder. Satu atau dua silinder roda digunakan pada tiap satu unit rem, tergantung dari modelnya. Ada dua macam silinder roda; yang satu bekerja pada sepatu rem pada kedua arah, dan satunya lagi gerakannya hanya pada satu arah saja.

PENUTUP
Kesimpulan
Sistem rem berfungsi untuk mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan serta memberikan kemungkinan dapat memparkir kendaraan di tempat yang menurun dengan mengubah tenaga kinetic menjadi panas dengan cara menggesekan dua buah logam pada benda yang berputar.

Saran
Jangan hanya menggunakan referensi ini karena keterbatasan waktu, masih banyak data yang belum penulis sampaikan, jadi teruslah membaca dan temukan kebenaran-kebenaran lain.


DAFTAR RUJUKAN
Chan, Y. 2010. Teori Dasar Rem, (Online), (www.yefrichan.files.wordpress.com/2010/05/teori-dasar-rem.pdf), diakses 4 Oktober 2011.
Liecklongley.2008. Sistem Rem, (Online), (www.liecklongley.wordpress.com/2008/03/31/sistem-rem/), diakses 5 Oktober 2011.
Ridwan.2008.Sistem Rem, (Online), (www.otomotif.web.id/sistem-rem-a42.html), diakses 4 Oktober 2011.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar